Jumat, 06 Juni 2008

Ketidakpastian Angka!!

Manusia membuat angka, dan dengan angka tersebutlah manusia dibingungkan, disibukkan dan didominir. Pernah suatu ketika saya beripikir, apakah angka yang diciptakan manusia merupakan sesuatu yang sempurna? Saya pikir tidak, karena apapun yang berasal dari pikiran manusia, pastilah tidak akan ada yang sempurna. Mengapa? Karena pada kenyataanya manusia memiliki batasan, begitu pula pikirannya. Sesuatu yang terbatas/tidak sempurna bagaimana mungkin menghasilkan sesuatu yang sempurna.

1:3x3 tidak sama dengan 1x3:3? Why?

Ketika smu dulu saya pernah bertanya kepada guru matematika. Pertanyaannya sederhana, yaitu berapakah hasil dari 1 dibagi 3? Beliau bilang 0,333….., lalu saya bertanya kembali ; apakah bilangan itu ada pada kenyataannya? Beliau mulai bingung terhadap pertanyaan saya dan berkata; maksudnya? Lalu saya jelaskan ; begini bu, jika saya punya sebuah mistar yang panjangnya tepat 1 m, lalu saya ingin membaginya menjadi 3 bagian sama panjang. Nah, apakah hal tersebut bisa dilalukan? Beliau bingung, berpikir sejenak dan menjawab; tidak bisa man!! Saya bilang; ibu benar, karena 1 dibagi 3 adalah 0,3333……, sebuah bilangan yang tidak diketahui berapa nilai yang sebenarnya.

Angka??

Kemudian saya melanjutkan; berapakah hasil dari 1x3:3 (1 dikali 3 dibagi 3)? Belau menjawab; tentu saja 1. Saya bertanya kembali; sekarang berapakah hasil dari 1:3x3 (1 dibagi 3 kemudian dikali 3)? Beliau menjawab; tentu saja 1 juga. Saya bilang; sekarang ibu salah, 1:3 adalah 0,3333….., 0,3333….x 3 hasilnya adalah 0,999….. dimana 0,999…. tidak sama dengan 1, melainkan mendekati 1.

Angka berasal dari ketidakpastian??

Ketika kuliah, saya juga pernah bertanya ke dosen matematika teknik 2, tapi tidak dikelas. Pertanyaanya mengenai bilangan/angka kompleks (Complexs Number). Saya bertanya; pak, berapakah akar dari 1? Beliau menjawab; 1 dan -1. Saya bertanya kembali; berapakah akar dari -1? Beliau menjawab; tidak ada!! Saya bingung dan kembali bertanya; bagaimana mungkin sesuatu yang tidak ada menghasilkan sesuatu yang ada? Dan bagaimana mungkin kita dapat menyepakati sesuatu yang tidak pasti? Beliau tau apa yang saya pikirkan, lalu beliau berkata; itulah keterbatasan kita sebagai manusia!!

Pelajaran

Angka adalah sesuatu yang tidak pasti, karena dia pada intinya berasal dari ketidakpastian bahkan ketiadaan. Angka dibuat oleh manusia, sehingga pasti memiliki kelemah karena pada kenyaataanya manusia terbatas begitu pula pikirannya. Sesuatu yang terbatas tidak mungkin menghasilkan sesuatu yang sempurna, sehingga kebenaran mutlak tidak akan pernah dicapai oleh pikiran manusia.

Jika kebenaran mutlak tidak pernah dapat dicapai, berarti semua kebenaran yang dianggap manusia merupakan kebenaran yang tidak pasti atau kebenaran relative. Namun, jika demikian halnya, maka akan kacaulah kehidupan karena tidak ada satupun peggangan yang dapat dipercaya kebenarannya. Termasuk apa yang saya katakan tadi!!

Untunglah, selain manusia diberikan pikiran (akal) untuk mencari kebenaran, manusia juga diberikan petunjuk atau reference yang pasti kebenarannya yang berfungsi membimbing dan mengontrol manusia (pikirannya) supaya sampai pada kebenaran Mutlak. Dengan mengikutinya manusia dipastikan berada pada jalan yang benar. Itulah Quran??


1 komentar: